Begini Cara Akses Berkas Perkara dan Putusan MA Digital

Di era digital, semua hal jadi serba mudah. Berbagai institusi pemerintahan memberikan transparansi kepada masyarakat agar layanan dapat dimaksimalkan, tidak terkecuali Mahkamah Agung (MA).

MA memberi fasilitas kepada pelajar atau masyarakat umum yang ingin mengakses Putusan MA hanya cukup dengan klik dan dapat dilakukan di mana saja.

Berkas-berkas tersebut telah didigitalisasi dan dapat diunduh melalui laman resmi MA di mahkamahagung.go.id. Bagi Anda yang ingin mengunduh Putusan MA dan Berkas Perkara, kami telah merangkumkan cara-caranya untuk Anda.

Cara Mengakses Berkas Perkara dan Putusan MA

Yang haru dilakukan adalah mengakses situs resmi MA atau Anda dapat masuk melalui klik di sini. Setelah itu pilih menu navigasi “Perkara” yang ada di bagian atas. Laman akan menampilkan beberapa kolom pencarian yang berupa “Nomor Perkara”, “Jenis Perkara”, “Pengadilan Asal”, “Putusan Tersedia?”, “Nama Pihak”, dan “Nomor Surat Pengantar”.

Setelah memasukkan data-data tersebut jangan lupa melakukan konfirmasi bahwa Anda bukan robot, lalu klik “Cari”. Data akan pengunjung akan dihadapkan halaman yang memuat INFORMASI PERKARA MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA. Dari halaman tersebut pengunjung bisa mengunduh “Salinan Putusan di Direktori Putusan” dalam bentuk PDF.

Bagi Anda yang tak memiliki informasi mengenai Nomor Perkara, Jenis Perkara, dan lain sebagainya, tak perlu khawatir. Masih ada cara lain untuk mendapatkan informasi perkara di MA. Cara yang bisa dilakukan adalah melalui kolom “Putusan”.

Setelah Anda berada di beranda laman MA, klik “Putusan”. Anda akan mendapat kolom pencarian dengan berbagai kata kunci (keyword). Cukup gunakan keyword yang Anda ketahui dan nanti website akan membawa beberapa perkara yang sesuai dengan keyword.

Sebagai contoh, seorang pengguna ingin mendapatkan Putusan MA Tjandra Limanjaya dan berkas perkaranya tentang Penolakan Kasasi yang diajukan untuk menuntut pembangunan PLTU Celukan Bawang. Cukup ketikkan keyword PLTU Celukan Bawang dan dalam hitungan detik pengunjung akan mendapat hasil yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Anda bisa memilih salah satu dari hasil yang ditampilkan. Selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*