Simpang Lima Gumul, Gerbang Ajaib Sejarah Kota Kediri

Apakah anda pernah mengunjungi Kota Kediri? atau hanya sekedar lewat?. Pastinya anda akan melihat sebuah gerbang raksasa menjulang tinggi di pusat Kota Kediri itulah Monumen Simpang Lima Gumul.

Monumen Simpang Lima Gumul merupakan icon dari Kota Kediri, dibangun tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008. Peresmian oleh Bupati Kediri pasa masa itu yaitu Bapak Sutrisno pembangunannya memang menelan biaya hingga mencapat 300 milyar rupiah.

Dengan luas kawasan mencapai 37 hektar serta luas bangungan 804 meter persegi, tinggi 25 meter. Monument Simpang Lima Gumul ini diharapkan mampu menjadi intreprestasi dari Kota Kediri sebagai kota maju. Baik dari segi perekonomian dan pengetahuan masyrakatnya.

Dibagian bangunan ini terdapat berbagai relief unik yang dipahat dan menggambarkan sejarah dari Kota Kediri dimasa lampau. Ciri khas yang unik adalah terdapat patung Dewa Ganesha yang melambangkan pengetahuan dan kecerdasan, pelindung, kebijaksanaan serta penolak bala.

Simpang Lima Gumul

Bangunan yang menyerupai Arc de Triomphe Perancis ini memiliki berbagai fasilitas pendukung disekitarnya. Hal ini memang sengaja dibuat karena kawasan tersebut adalah kawasan strategis dan bisa dibilang pusat kota pemerintahan Kota Kediri.

Fasilitas pendukung ini memang menjadikan kawasan Simpang Lima Gumul tidak pernah sepi dari pengunjung, masyarakat melakukan aktifitas olahraga, terdapat kawasan berjualan makanan dan minuman untuk semakin memanjakan pengunjung saat berada dikawasan ini.

Pemerintah Kota Kediri juga memfungsikan kawasan ini sebagai kawasan kegiatan kemasyarakatan di Kota Kediri mulai dari kegiatan pameran, gathering, jambore nasional, dan acara resmi lainya, bahkan untuk Hut Kota Kediri dipusatkan di kawasan Simpang Lima Gumul ini.

Bagi anda yang ingin mengunjungi kawasan ini namun dengan nuansa rekreasi pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasiliras rekreasi seperti flying fox, funbommerang dengan hanya membayar Rp 15.000 – Rp 30.000 sekali permainan.

Nah untuk harga tiket masuk kawasan Simpang Lima Gumul tidak dikenakan biaya atau dalam kata lain gratis, pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan berkisar Rp 2000 – Rp 5000.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*