Kementerian Pariwisata Promosikan Kuliner Indonesia ke Luar Negeri

Source Img: @vitadatau

Indonesia memiliki banyak makanan khas yang memiliki cita rasa tinggi. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas dengan bahan dan rasa yang berbeda-beda. Namun hingga saat ini belum ada ‘National Food’ yang mewakili Indonesia secara keseluruhan. Untuk itu Kementerian Pariwisata memiliki lima kuliner khas Indonesia sebai National Food.

Lima National Food tersebut antara lain Nasi Goreng, Soto, Sate, Rendang, dan Gado-gado. Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner Belanja Kementerian Pariwisata Vita Datau, lima kuliner tersebut nantinya akan dipromosikan ke luar negeri.

Vita menambahkan bahwa restoran Indonesia yang berada di Luar negeri yang sudah dibranding Kementerian Pariwisata diharapkan dapat membantu mempromosikan lima kuliner National Food tersebut.

Dengan promosi tersebut maka Indonesia tidak tertinggal dengan negara-negara lain yang terkenal dengan kulinernya. Seperti Malaysia yang terkenal dengan Nasi Lemak dan Thailand dengan Tom Yam. Kementerian Pariwisata akan terus berusaha untuk mengenalkan lima kuliner tersebut ke kancah internasional.

Restoran Indonesia di luar negeri diharapkan dapat menyajikan masakan khas Indonesia. Bahkan jika dimungkinkan, makanan khas Indonesia dijadikan menu utama di restoran tersebut. Kelima kuliner National Food tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada saat konferensi pers Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival 2018.

“Indonesia belum memiliki National Food, padahal kita memiliki banyak sekali jenis kuliner. Bekraf merumuskan jika National Food Indonesia adalah soto. Namun terdapat perdebatan panjang mengenai pemilihan National Food tersebut,” ungkap Menteri Arief.

Menurut Menteri Arief, terdapat setidaknya 52 jenis soto di Indonesia. Sehingga hal ini akan menjadi masalah jika harus dipilih salah satu saja. Untuk itu, Kementerian Pariwisata ingin merumuskan sendiri apa saja National Food untuk Indonesia.

Pemilihan National Food Indonesia sudah melalui pertimbangan dan diskusi dari para ahli di bidang kuliner. Menteri Arief berharap Indonesia akan memiliki National Food yang dikenal oleh masyarakat luar negeri. Sehingga ketika mereka berkunjung ke Indonesia, makanan tersebut sudah menjadi favorit mereka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*