Keindahan Milky Way di Bukit Anak Dara Sembalun

Bukit Anak Dara memang belum setenar bukit-bukit yang ada di Sembalun seperti Bukit Pergasingan, Bukit Nanggi, dan bukit lainnya. Bukit Anak Dara berlokasi di Sembalun Lawang, Lombok Timur. Bukit ini satu arah dengan bukit Selong.

Tinggi Bukit Anak Dara sekitar 1961 mdpl. Memerlukan waktu sekitar 4-5 jam untuk mendaki hingga puncak. Yang paling penting wajib memakai jasa guide atau mengajak sahabat yang pernah ke sana sebab Bukit Anak  Dara tergolong bukit yang masih sepi, masih jarang dikunjungi.

Sejumlah pengunjung berada di bukit Pergasingan, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Selong, Lombok Timur, NTB, Minggu (26/4). Bukit Pergasingan dengan ketinggian 1.685 mdpl berada di sisi timur Gunung Rinjani dengan pemandangan Gunung Rinjani, persawahan, lanskap perbukitan dan pemukiman tersebut menjadi lokasi alternatif saat jalur pendakian Rinjani di tutup dan juga lokasinya mudah untuk dikunjungi. ANTARA FOTO/Eka Fitriani/AS/Rei/mes/15.

Sebelum mendaki sebaiknya mendaftar dahulu di loket atau tanya penduduk setempat. Pastikan kendaraan Anda juga parkir di daerah yang aman atau minta izin masyarakat setempat, sebab belum ada daerah parkir di sekitar jalan menuju bukit ini selain di bukit Selong.

Sepanjang perjalanan menuju Bukit Anak  Dara kita akan disuguhkan dengan panorama alam yang sungguh-sungguh memikat. Karakter rute Bukit Anak Dara berbeda-beda. Menuju post 1 Anda akan  bertemu hutan dengan pohon-pohon yang rindang. Sesudah itu dari pos 1 menuju pos 2 Anda patut lebih berhati-hati sebab track agak susah dan berupa jalan setapak kecil, lumayan tajam dan menanjak. Supaya tak tersesat, Anda akan menemukan “bendera kecil” sebagai penanda supaya para pendaki terbantu menemukan rute yang benar.  Dari pos 2 menuju puncak Anda melalui padang rumput hijau menguning cantik ditambah dengan pesona bunga edelwess.

Yang khas dari bukit ini yakni Anda dapat memandang panorama yang  membikin takjub dari beragam penjuru. Nampak keelokan gunung Rinjani, hamparan sawah penduduk yang demikian rapi nan hijau serta deretan bukit-bukit Sembalun yang menjulang tinggi dan menawan. Tak hanya itu, yang special dari bukit ini dan tak dimiliki oleh bukit lain ialah Anda dapat merasakan hangatnya sunrise dan cantiknya lautan biru, sambil memandangi gili Lawang dan gili Sulat.

Ketika ke bukit Anak Dara dan mendirikan kemah di puncak. Yang paling menarik dan membikin tercengang ialah saat menyaksikan dan merasakan gugusan bintang berkabut dihiasi sinar putih “milky way” sungguh-sungguh menawan dan menakjubkan. Dengan didampingi hangatnya secangkir coffee dalam malam yang pekat dan hening, melihat langit dengan hamparan Milky Way seperti itu sangatlah luar biasa.

Saat mendaki bawalah peralatan yang cukup sebab disana udaranya  dingin. Satu hal yang patut dilaksanakan bawalah sampah Anda pulang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*