3 Pengusaha Sukses yang Merintis Bisnis dari Nol, Calon Pebisnis Wajib Tahu!

Pengusaha sukses yang merintis bisnis dari nol

Indonesia memiliki banyak pengusaha sukses yang merintis bisnis dari nol. Sederet pengusaha ini telah membuktikan bahwa mereka bisa membangun bisnis sukses dengan merintisnya dari bawah.

Lantas, siapa saja pengusaha-pengusaha yang dimaksudkan di atas? Simak ulasan berikut!

3 Pengusaha Sukses yang Merintis Bisnis dari Nol

  • Ciputra

Pengusaha yang bernama asli Tjie Tjin Hoan ini tidak berasal dari keluarga yang kaya raya. Sejak kecil Ciputra rajin membantu ibunya mengurus ternak untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Sang ayah, dipenjara oleh gerakan anti-Jepang yang mengira dia adalah bagian dari penjajah. Naasnya, Ayah Ciputra meninggal saat dipenjara.

Kondisi kehidupan yang kurang menguntungkan tidak lantas membuat CIputra patah semangat untuk mengejar cita-cita. Berkat kerja keras, dia bisa merampungkan pendidikan tingginya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan Arsitektur.

Setelah keluar dari ITB, Dia bersama rekannya mendirikan bisnis bernama PT Daya Cipta yang bergerak dalam dunia architect consutation.

Seiring berjalannya waktu, Ciputra bersama rekannya pindah ke Jakarta dengan harapan mendapatkan proyek pemerintah.

Harapannya pun menjadi kenyataan, Ciputra mendapatkan proyek dari Pemerintah DKI Jakarta mulai dari pembangunan pusat perbelanjaan hingga proyek besar seperti pembangunan Taman Impian Jaya Ancol dan kota mandiri Bintaro jaya.

  • Bob Sadino

Selain CIputra, Bob Sadino adalah salah satu contoh pengusaha sukses yang merintis bisnis dari Nol. Bob membulatkan tekad menjadi pengusaha setelah sembilan tahun menjadi karyawan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bisnis pertama yang dia jalani di sektor transportasi. Akan tetapi bisnis tersebut harus jatuh bangkrut akibat kecelakaan yang dialaminya.

Meski begitu, Bob tidak menyerah. Dia nekat berhutang kepada tetangganya agar bisa berjualan telur ayam negeri. Agar laku, bob memasarkan barang dagangannya secara dor to dor alias dari pintu ke pintu.

Berkat usaha kerasnya, Bob sukses mendirikan supermarket yang menjual berbagai produk peternakan dan pertanian, Kem-Chicks.

Baca Juga: Kesuksesan Pengusaha Tjandra Limanjaya dalam Investasi

  • Chairul Tanjung

Sebagian orang mungkin tidak tahu bahwa Chairul Tanjung pernah merasakan pahitnya kehidupan sebelum sukses dengan perusahaan konglomerasi miliknya, CT Corp.

Pengusaha sukses yang merintis bisnis dari nol Chairul Tanjung

Ketika dia kecil, usaha ayahnya bangkrut, dan membuat keluarganya harus tinggal di sebuah rumah kontrakan. Tak hanya itu, orang tuanya juga kesulitan untuk membayar uang kuliah Chairul di Fakultas Kedokteran Gigi UI.

Kondisi ini membuat naluri bisnisnya muncul. Dia pun mulai membuka usaha foto kopi di lingkungan kampus UI sembari berjualan buku stensilan dan kaos.

Kendati awalnya jatuh bangun, pria berjuluk ‘Si Anak Singkong’ ini tak pernah menyerah dan selalu ulet dalam menjalani binis hingga akhirnya sukses menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Demikianlah tiga pengusaha sukses yang merintis bisnis dari nol. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi kalian yang bercita-cita menjadi pengusaha.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*