Buleleng Sabet Penghargaan Tingkat Nasional “Yokkata Wonderful Indonesia Tourism 2018”

Kabupaten Buleleng berhasil menyabet penghargaan bergengsi tingkat nasional di sektor pariwisata. Buleleng meraih penghargaan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 setelah masuk dalam 10 besar Kabupaten terbaik tinggak nasional.

Buleleng meraih penghargaan karena dinilai menjadi salah satu daerah berprestasi dan memiliki andil besar dalam pengembangan inovasi pariwisata daerah. Penghargaan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 langsung diserahkan oleh Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya kepada Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Nyoman Sutrisna.

Nah bagi yang belum tau apa sih Yokkata Wonderful Indonesia Tourism Indonesia berikut ini penjelasannya.

Yokkata Wonderful Indonesia Tourism merupakan salah satu penghargaan dalam sektor pariwisata dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah sebagai dedikasi dalam pengembangan pariwisata. Yokkata sendiri merupakan salah satu majalah yang berasal dari Jepang yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata untuk menyelenggarakan penghargaan ini.

Tahun 2018 sendiri Yokkata Wonderful Indonesia menjaring 10 Kabupaten terbaik di Indonesia yang menjadi basis pengembangan pariwisata. 10 kabupaten tersebut adalah Kabupaten Buleleng, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kota Denpasar, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Sleman.

Dikonfirmasi mengenai penghargaan Yokkata Wonderful Indonesia Tourism Award 2018, Bupati Buleleng yang menerima langsung penghargaan tersebut menyebutkan bahwa sangat bersyukur atas penghargaan kepada Kab Buleleng.

Namun Putu Agus Suradyana menjamin bahwa pihaknya tidak akan puas hanya sampai disini, Kab Buleleng kedepannya akan terus memajukan pariwisata dengan berbagai program dan kebijakan yang diyakini mampu menyedot kunjungan wisatawan di berbagai destinasi unggulan di Buleleng.

Salah satu program yang memang sedang dipersiapkan salah satunya adalah program 12 PAS dalam bidang pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata secara bertahap. Seluruh perencanaan pengembangan pariwasata yang muncul dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di seluruh tingkatan akan dikaji dan diselenggarakan. Selain itu, inventarisasi daerah tujuan wisata (DTW) yang ada di Buleleng dan inventarisasi Desa Wisata.

Selain itu yang memang sedang dibahas intens dan sedang dirumuskan adalah program pembentukan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan bantuan pemerintah pusat. KSPN tersebut antara lain bekerjasama dengan Kabupaten Tabanan yaitu KSPN Bedugul-Wanagiri yang terdiri dari Danau Beratan, Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Selanjutnya KSPN Bali Utara yang terdiri dari Lovina sampai Air Sanih. Lalu ada KSPN Pemuteran dan KSPN Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*