Taman Narmada, Persembahan Raja Bagi Ritual Adat di Desa Lembuak, Lombok

Salah satu daerah wisata yang menarik di Lombok ialah Taman Narmada yang mempunyai panorama dan suasana yang sungguh-sungguh menawan. Peninggalan kerajaan yang diketahui sebagai kolam pemandian raja ini ialah tempat liburan spesial yang nampak menonjol berbeda, diantara objek wisata yang ada di pulau ini.

Kalau kalian berkunjung ke Mataram, lokasi taman ini cukup gampang dan dekat untuk ditempuh. Berlokasi di desa Lembuak, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat atau sekitar 10 kilometer sebelah timur kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Luas zonanya sekitar dua hektar dan mempunyai kemudahan jalan masuk dari seluruh penjuru.

Taman Narmada di Lombok mempunyai lokasi yang amat strategis dan posisi terbaik di kawasan Mataram. Dan jam buka untuk biasa diawali dari jam 7 pagi sampai jam 18.00 di petang hari dan buka tiap hari. Karcis masuk ke daerah ini cukup murah dan tak lebih dari 10 ribu rupiah per orang.

Sejarahnya, taman yang cantik di Lombok ini didirikan di kecamatan Narmada oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem pada tahun 1727. Daerah ini difungsikan sebagai daerah upacara Pekelan yakni ritual perjuangan, yang diselenggarakan tiap purnama kelima tahun Saka (Oktober-November). Taman Narmada juga dipakai sebagai daerah peristirahatan keluarga raja dikala musim kemarau.

Nama daerah ini merujuk pada nama sebuah sungai di India. Bentuk dari taman ini menyerupai gunung Rinjani dengan danau Segara Anakan. Dan beritanya, dikala sang raja telah terlalu tua untuk melaksanakan ritual upacara kurban (pekelan) ke puncak gunung Rinjani yang {mempunyai} ketinggian 3.726 meter, karenanya beliau memerintahkan semua penghuni kerajaan untuk membawa suasana Gunung Rinjani ke sentra kota.

Memang keunikan Taman Narmada ini sudah sangat terkenal hingga ke manca negara, tak hanya traveler local yang berkunjung kesini, namun banyak juga traveler dari luar negeri yang berkunjung untuk mengabadikan momen upacara adat maupun hanya ingin menikmati suasana taman yang nyaman dan juga sejuk.

Pastinya, Taman Narmada ini jangan sampai terlewat jika kalian sedangĀ  berkunjung ke Lombok, karena wisata ini sedikit lain daripada wisata lain yang ada di pulau ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*