Pantai Mekaki Lombok, Perawan yang Tersembunyi

Lombok memang sangat terkenal dengan destinasi wisata pantai nya, namun hingga saat ini ternyata masih banyak lokasi perawan yang masih tersembunyi di pulau ini. Pantai Teluk Mekaki salah satunya, Pantai yang berwujud sebuah teluk ini berlokasi di ujung selatan barat pulau Kecil Lombok.

Mungkin tak se-populer Pantai Kuta di Lombok Tengah, tak setenar Pantai Senggigi di Utara, tak tersohor seperti Gili Trawangan atau Gili Nanggu di Sekotong. Tetapi akan membuat takjub apabila kita telah berkunjung kesana, disanalah kesadaran akan mulai muncul, bahwa pantai terpencil ini juga pantas untuk menjadi destinasi liburan di Lombok.

Perjalanan menuju pantai mekaki sama menawannya dengan estetika Teluk Mekaki itu sendiri. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan pantai-pantai nan menawan. Salah satunya ialah Pantai Elak.

Dalam perjalanan anda dapat menyaksikan hamparan sawah, bukit bukit berbatu, juga gugusan beberapa gili yang tidak tersentuh peradaban. Wujud jalan yang berkelok dan naik turun memudahkan anda untuk menyaksikan estetika pantai-pantai Sekotong lainnya dari kejauhan selama perjalanan.

Sebagian spot di pegunungannya yang menjadi sumber batu emas akan dengan gampang ditemui di pinggiran jalan. Perjalanan menanjak dan berkelok menambah suasana extreme perjalanan anda.

Setibanya di puncak perbatasan, kita  dapat memandang bibir pantai dengan samudera luasnya dari kejauhan. Deburan ombak yang menghasilkan buih buih putih berbaur dengan kilau pasir putih pantai Mekaki. Pantai Mekaki dari sudut pandang ini akan nampak demikian  cantik sebab airnya yang membiru berada di sebuah “Ceruk” yang dikelilingi bukit bukit hijau. Dan sekitar 100 meter dari bibir pantai, trek tanah berbatu tak beraspal akan anda lalui, tetapi dapat dilewati dengan nyaman sebab tak bergelombang.

Setibanya di pantai Mekaki, kita akan menyaksikan bibir pantai yang menyusun lengkungan bulan sabit. Pasir pantai dengan butiran putih berbiji besar , deburan ombak yang kalem dan juga kadang-kadang nampak benar-benar extreme. Kombinasi warna air lautnya yang berwarna hijau toska di tepian dan kian membiru ke tengahnya. Kerang-kerang cantik yang terdapat di sepanjang pantainya menambah nilai estetika pantai ini. Pemandangan pantai dan pegunungannya agak sedikit mirip dengan Pantai Mawun, cuma yang membedakannya ialah ombak di Mekaki lebih besar dan kerang-kerang serta tekstur pasirnya.

Pantai Mekaki dapat dicapai lewat darat. Infrastruktur jalan yang telah baik akan mempersingkat waktu anda menuju kesana. Cuma memerlukan waktu 1.5 – 2 jam untuk menempuh Mekaki yang terbentang di 70 km sebelah barat daya Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dan sebaiknya untuk  kesana, anda menyewa kendaraan beroda empat atau motor di Kota Mataram, sehingga anda dengan leluasa dapat mengambil view point yang menarik selama perjalanan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*