Obyek Wisata di Lombok Utara Paling Banyak di Kunjungi

Lombok Utara adalah salah satu kabupaten baru di Indonesia yang saat ini dipimpin oleh Bupati Dr. H. Najmul Akhyar, S.H M.H dan Wakil Bupati Sarifudin, S.H. Secara Geografis, kabupaten Lombok Utara berada di kaki Gunung Rinjani. Kawasan ini sebenarnya sudah dikenal oleh para pendaki dan para wisatawan.

Kabupaten yang memiliki 33 Desa dari 5 Kecamatan ini memiliki banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan wisatawan yang berkunjung ke Lombok Utara banyak dari luar negeri.

Obyek wisata di Lombok Utara yang banyak dikunjungi adalah Gili Trawangan. Ini merupakan satu dari tiga Gili yang ada di Lombok Utara. Gili Trawangan ini terkenal dengan kehidupan malah yang ramai meski masih berpegang teguh pada budaya lokal atau mengedepankan konsep natural.

Dengan budaya lokal yang kental membuat para wisatawan nyaman dan memberikan respon yang positif. Hal ini dapat menjadi ciri khas obyek wisata ini yang tidak ditemukan di lokasi lain. Gili Trawangan memiliki gugusan pulau kecil yang mempesona. Bahkan pulau tersebut selalu dipadati turis dari luar negeri.

Tempat wisata lain yang banyak dikunjungi adalah air Terjun Sendang Gile Bayan. Ini merupakan air terjun paling indah yang berada di Kaki Gunung Rinjani. Obyek wisata di Lombok Utara ini juga masuk dalam kawasan Geopark Rinjani dengan pesona alam yang indah.

Kawasan Geopark Rinjani merupakan rekomendasi obyek wisata yang dicanangkan pemerintah kabupaten Lombok Utara. Seperti yang disampaikan Bupati Najmul Akhyar, kawasan Geopark Rinjani juga diapresiasi oleh UNESCO. Bahkan UNESCO akan menetapkan kawasan Rinjani Geopark masuk dalam Global Geopark Network (UGGN)

Ini tentu menjadi suatu kehormatan dan membahagiakan bagi Indonesia, terutama masyarakat Lombok Utara. Perlu diketahui, saat ini Indonesia hanya memiliki empat UNESCO Global Geopark yakni kawasan Batur, Gunung Sewu, Ciletuh-Pelabuhan Ratu dan kawasan Rinjani di Lombok Utara. Geopark Rinjani memiliki luas setengah dari ulau Lombok dan Gunung Rinjani sebagai pusat Geopark.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*