Kemegahan Garuda Wisnu Kencana Culture Park

Taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan kompleks taman budaya di Bali yang memiliki luas 60 hektar. Daya Tarik dari tempat wisata ini adalah terdapat patung Garuda dan Wisnu dengan ukuran besar. Jika patung tersebut sudah sempurna diperkiraan memiliki tinggi sekitar 120 meter dengan bentang sayap garuda hingga 60 meter.

Patung tersebut akan menjadi yang terbesar di dunia jika bentuknya sudah sempurna. Kompleks Garuda Wisnu Kencana mulai dibangun mulai 1997 dan dibuka untuk wisatawan sejak 2003. GWK dikelola oleh PT Alam Sutera Reality yang merupakan perusahaan property di Indonesia.

Ide dari patung Garuda dan Wisnu diambil dari kisah pengorbanan, keberanian, serta kehormatan sang Garuda. Karena tindakan tersebut kemudian Dewa Wisnu memberi kehormatan untuk dijadikan kendaraanya, dan diangkat derajatnya menjadi Dewa.

Kawasan Wisata Garuda Wisnu Kencana sangat luas sehingga pengunjung dapat berjalan-jalan sambil menikmati taman yang ada disekitar patung utama. Patung Garuda dan Wisnu memang belum sepenuhnya jadi, namun hal ini tidak mengurangi jumlah wisatawan yang datang ke kompleks budaya ini. Obyek utama wisata ini berada di bagian atas yakni sebuah patung yang megah.

Dikawasan wisata Garuda Wisnu Kencana juga terdapat fasilitas penunjang lainnya untuk memanjakan pengunjung. Fasilitas tersebut diantaranya adalah shopping centre, amphitheater, street theater, restaurant, gallery seni, taman untuk bersantai dan toko oleh-oleh. Selain itu, pertunjukan tari juga dapat Anda nikmati sekitar pukul 18:00 hingga 18:30 menjelang malam. Tari yang disajikan adalah tari Barong, tari Balet, dan tari Kecak.

Selain menjadi obyek wisata favorit di Bali, lokasi ini juga sering menjadi tempat untuk konser musik musisi dunia seperti ban asal Inggris Iron Maiden yang saat itu dihadiri 7 juta penggemarnya. Kemudian band rock Amerika Serikat, Paramore yang menggelar konser pada 17 Agustus.  Selain konser musik, GWK juga pernah menjadi tempat gelaran ajang pencarian wanita tercantik sejagat, Miss World 2013. Hal ini yang kemudian yang menjadi GWK semakin dikenal di dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*