Coban Glotak, Air Terjun Tersembunyi Ditengah Gunung Kawi

Air terjun Coban Glotak memiliki tinggi sekitar 100 meter, jika diteleusuri lokasi air terjun Coban Glotak berada di tengah atau lereng Gunung Kawi Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Menurut cerita yang berkembang, nama Coban Glotak berasal dari bunyi atau suara batu yang jatuh dari tebing di sekitar air terjun berbunyi glotak dan terbawa air kolat-klotak.

Bunyi inilah yang konon menjadi salah satu asal usul dimana nama Coban Glotak diambil untuk nama air terjun tersebut.

Untuk sampai dilokasi air terjun memang bisa dibilang lumayan berat dan butuh tenaga ekstra, dari Kota Malang sendiri berjarak 15km dan kemudian dari Desa Bedalisodi masih harus menempuh jarak 4km dengan jalan kaki.

Perjalan menuju air terjun terbilang lumayan menyusahkan, pengunjung harus melewati jalan setapak dan melalui pinggir aliran sungai untuk sampai di kawasan air terjun.

Secara administrasi kawasan wisata air terjun Coban Glotak dikelola oleh pihak Perhutani karena berada dikawasan Gunung kawi.

Memang untuk fasilitas pendukung yang tersedia masih sangat kurang, bahkan untuk sampai menuju air terjun hanya ada beberapa penunjuk jalan yang mengarahkan menuju air tejun.

Jika anda tidak lihai dan membawa peralatan seperti GPS dan penunjuk arah mungkin kami sarankan untuk membawa Tour Guide yang memang sudah paham daerah tersebut.

Sesampainya dikawasan Air Terjun Coban Glotak pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan air terjun yang turun dari ketinggian 100meter, inilah yang menjadikan lelah para pengunjung terbayarkan. Apalagi jika beruntung pengunjung akan menemukan berbagai flora dan fauna khas Gunung kawi seperti monyet, kucing hutan dan hewan lainya.

Bukan hanya itu pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan langka pelangin yang membentang dari ujung air terjun semakin menambah keindahan butiran air yang turun dari ketinggian.

Pengunjung tidak akan dikenakan biaya untuk memasuki kawasan air terjun, memang fasilitas yang ada dikawasan air terjun, hal ini dikarenakan air terjun Coban Glotak masih dalam tahap pengembangan oleh Dinas Pariwisata Kota Malang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*